Sabtu, 02 Juni 2012

APAKAH MEMAKAI FACEBOOK MENGUNTUNGKAN YAHUDI??

Pertanyaan,
memakai facebook menguntungkan yahudi (mark zuckerberg) jadi facebook lebih baik ditinggalkan,bagaimana dengan pendapat yang seperti ini??


Jawaban,
“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil.” (QS. Al Mumtahanah : 8)


“Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Mumtahanah : 9)

Artinya, QS al-Mumtahanah 60:8-9 dengan mengatakan “setelah Allah melarang untuk berteman dengan orang kafir harbi, kemudian Allah menganjurkan untuk berteman dengan kafir dzimmi yang mempunyai akhlak yang bagus, mau berteman dan bermanfaat bagi umat Islam, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berteman dalam segala hal

Nah, facebook itu adalah sarana komunikasi, jadi sifatnya umum, selama kita menggunakannya dengan baik, maka boleh digunakan dan juga harus dipakai, artinya memanfaatkan facebook sebagai alat komunikasi yang baik.

“Wahai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kalian dari laki-laki dan perempuan, dan Kami menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian adalah orang yang paling bertaqwa di sisi Allah. “[al-Hujurat:13].

Nah gara2 facebook ini kita jadi banyak kenalan juga kan.
  • Memang agak membingungkan dengan pemikiran seperti itu, dibilangnya orang islam ini hina kok mau jadi mesin pncetak uang dengan menggunakan produk buatan mereka. 
     
    Padahal memanfaatkan hasil karya orang kafir itu hukumnya jaiz selama tidak mengganggu akidah, alias boleh,
     
    Artinya,
    Bisa dimanfaatkan, toh dengan kita menggunakan motor, kita tidak kafir kepada Allah Ta'ala dan motor ini sebagai sarana dan tidak mengganggu akidah, gak ada masalah dengan banyaknya motor dan mobil, membuat kaya kaum kafir, toh hal ini tidak mengganggu keimanan kita terhadap Allah Ta'ala.
     
     Lalu bagaimana sikap kita kepada teman yang punya pemikiran seperti itu?
     
     Al-Imam Al-Ghazali Rahimahullah berkata:
    “Berteman & Bergaul dengan orang baik akan mewariskan sikap baik. Karena tabiat manusia cenderung selalu meniru dan mengikuti "
    (Tuhfatul Ahwadzi, 7/42).
    -
    Jadi kalo kita mampu, kita nasihati!
    Namun kalo kita tidak mampu, maka biarkan saja!!
     
     
    Sumber : tanya jawab di Grup Jalan yang Lurus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar