Senin, 25 Juni 2012

MENYIBUKKAN DIRI DENGAN INTERNET DI BULAN RAMADHAN

oleh Abu Asma Andre pada 25 Juni 2012 pukul 9:23 ·
بسم الله الرحمن الرحيم
Syaikh Zaid Al Madkhali ditanya :
Pertanyaan :
Kebanyakan dari pemuda dan pemudi - mempergunakan internet di bulan Ramadhan, apa wasiat engkau untuk mereka ?

Jawab :
Nasihatku untuk saudaraku muslimin dan muslimat, agar mereka menghadapkan dirinya untuk membaca Al Qur-an bersama tafsirnya, karena membaca Al Qur-an bersama tafsirnya sangat bermanfaat dan penting bagi kehidupan seorang muslim, dengan tujuan membaca Al Qur-an untuk memahami makna - maknanya.

Apabila seseorang hendak mengambil faidah - faidah dari sarana internet ini, seperti pelajaran yang ada didalamnya, muhadharah, forum - forum ilmiah yang bisa diambil manfaatnya maka tidak mengapa dengannya. Karena perkara yang bermanfaat dibutuhkan oleh setiap muslim, adapun yang tidak berfaidah didalamnya atau yang sekedar membuang - buang waktu maka Ramadhan adalah bulan ibadah, bulan diamana Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersungguh - sungguh dan begitu pula yang dilakukan oleh para shahabat radhiallahu anhum.

Mereka bersungguh - sungguh didalam membaca Al Qur-an dan memahaminya, bersungguh - sungguh didalam shalat malam, hendaklah manusia berusaha melawan apa yang menjadi tuntutan dirinya dari perbuatan - perbuatan buruk dan sesuatu yang didalamnya ada kemadharatan dan tidak ada faidah dan manfaat baginya.

Syaikh Zaid bin Muhammad Al Madkhali hafidzahullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar